Upacara Bendera Dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan Nasional

Peringatan Hari Pahlawan Nasional, 10 November 2022 dengan Tema Pahlawanku Teladanku. Hari Pahlawan yang biasa diperingati setiap tanggal 10 November selalu menjadi sejarah yang tidak terlupakan bagi bangsa Indonesia terutama rakyat Surabaya yang dahulu kotanya menjadi tempat terjadinya pertempuran Surabaya antara pejuang Indonesia dengan tentara Inggris.Lalu apa sebetulnya yang mendasari terjadinya perang Surabaya tersebut? Mengapa tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan?

Sejarah Singkat Hari Pahlawan

Hari pahlawan setiap tanggal 10 November terjadi bukan tanpa alasan. 10 November 1945 adalah hari terjadinya pertempuran terbesar pertama dengan pasukan asing setelah Bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Pertempuran yang terjadi di Surabaya itu melibatkan antara pasukan pejuang Indonesia dengan tentara Inggris. Pertempuran tersebut menjadi simbol nasional atas perlawanan bangsa Indonesia terhadap simbol kolonialisme yang juga menjadi pertempuran besar terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia. Gencatan senjata yang dilakukan pejuang Indonesia dengan tentara Inggris pada tanggal 29 Oktober 1945 tidak serta merta membuat perang benar-benar berakhir.Nyatanya setelah gencatan senjata tersebut, suasana mulai memanas dan terjadi bentrokan yang menyebabkan tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby, yaitu pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur pada tanggal 30 Oktober 1945 silam. Tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby membuat tentara Inggris murka, Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh selaku pengganti Mallaby mengeluarkan Ultimatum bahwa pada 10 November 1945 ia meminta pihak Indonesia menyerahkan seluruh persenjataan dan segera menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA. Tidak hanya itu, pengganti Brigjen Mallaby tersebut juga mengeluarkan ancaman akan menyerang kota Surabaya dari darat, laut, dan udara apabila rakyat Indonesia tidak mematuhi perintah Inggris tersebut.

Peringatan Hari Pahlawan

Atas banyaknya pejuang dan rakyat Indonesia yang gugur dalam peristiwa tersebut, maka setiap tanggal 10 November selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan. Pahlawan yang terkenal dari pertempuran Surabaya adalah Bung Tomo, Gubernur Suryo, HR Mohammad Mangoendiprodjo, Mayjen Sungkono dan KH. Hasyim Asy’ari.

Semangat yang berapi-api dan tekad pejuang Indonesia tersebut membuat tentara Inggris serasa seperti di neraka pertempuran yang menjadikan Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan tersebut. (Kamis, 10 November 2022)

‘PAHLAWANKU TELADANKU’

SMAS DARUL QUR AN - [email protected]